Cari Blog Ini

Rabu, 07 Desember 2011

Tips Awal

Jadi kalian belum pernah mengenal Ragnarok Online sebelumnya? Pada bagian ini, secara bertahap kalian akan belajar berinteraksi dengan dunia RO (Ragnarok Online) dan dengan orang lain (player) di dalamnya.

 Cara Installasi dan Registrasi



Untuk dapat bermain Ragnarok Online, kalian harus mendaftar di www.ragnarok.co.id. Ikuti saja prosedur yang diterangkan pada website tersebut, dan setelah semuanya selesai, kalian bisa mulai bermain Ragnarok Online.

Untuk bermain, kalian harus meng-install Ragnarok Online Client. Software ini bisa di-download dari www.ragnarok.co.id, dengan ukuran sekitar 550MB >_<. Tidak perlu khawatir bagi yang memiliki sambungan internet pas - pasan, kalian dapat membeli CD Instalasinya yang dijual di warnet - warnet terdekat.";


 Memulai Permainan

Kami menganggap kalian sudah mengerti bagaimana cara menggunakan komputer secara umum. Setidaknya kalian tahu bahwa Mouse tidak dapat dimakan dan kabel listrik harus disambungkan dengan sumber listrik untuk menyalakan komputernya. Cukup mudah kan? :)

Menjalankan Aplikasi Ragnarok Online
Klik dua kali di Icon Ragnarok Online pada desktop komputer. Jika kalian tidak dapat menemukannya, Start -> Programs -> Ragnarok Online -> Ragnarok Online. Hati - hati agar tidak terbalik saat memilih game icon dan setup icon. Setelah layar utama Ragnarok Online keluar, masukkan username dan password kalian.

Pilihan server



Berikutnya adalah tampilan untuk memilih server. Pada Ragnarok Online versi Indonesia, kalian dapat memilih Chaos Server dan Loki Server. Tidak ada perbedaan yang mendasar pada kedua server ini, hanya saja kalian tidak dapat memindahkan item ataupun bertemu dengan teman - teman kalian di Chaos Server apabila kalian bermain di Loki Server. Sistem dengan dua server ini dibuat untuk mencegah jumlah player yang terlalu banyak tapi sangat sedikit musuh yang tersedia, sehingga hal - hal buruk seperti kill steal dan looting dapat dihindari. Server yang manapun kalian pilih, sepenuhnya tergantung pada diri kalian sendiri.

Pemilihan Karakter



Pada layar ini, akan terdapat 3 slot kosong. Untuk membuat sebuah karakter, klik pada slot yang kosong, dan klik 'Create'. Pada layar berikutnya kalian harus memasukkan nama karakter dan memilih model rambut yang kalian suka. Gender karakter akan sama dengan gender kalian, sehingga memungkinkan hubungan interpersonal dalam game (itupun jika kalian tidak mengubah gender kalian pada form registrasi :P).




Berikutnya, kalian memiliki 30 status point untuk menentukan status awal karakter. Klik pada panah yang ada untuk menaikkan status, namun hati - hati dalam memilih. Kesalahan yang kalian buat pada bagian ini, akan membuat masa - masa Novice kalian menjadi lebih susah. Sebaiknya kalian sudah menentukan class Profesi 1 yang kalian mau nantinya dari sekarang, dan lihat panduannya pada bagian lain dari website ini.

Setelah semuanya beres, klik OK untuk mulai masuk ke dalam dunia Ragnarok Online. Jika nama karakter yang dimasukkan sudah terpakai, kalian harus mengulang semua langkah yang ada dalam membuat karakter. Dengan 3 slot karakter dan 2 server, kalian dapat membuat 6 karakter dengan hanya 1 account.


 Interaksi

Ketika kalian membuat karakter pertama kalinya, kalian akan tiba di suatu area yang luas. Untuk bergerak, klik pada tanah dimana kalian ingin karakter kalian berada. Perhatikan kotak hijau kecil saat kalian menggerakkan mouse. Kotak ini menandakan bahwa tanah yang dituju dapat dilalui, dan kalian dapat menggerakkan karakter kalian ke posisi tersebut. Lihat peta pada sisi kanan atas layar? Bila kalian tidak dapat melihatnya, tekan Ctrl+Tab beberapa kali hingga kalian melihat peta kecil dengan tanda + dan -. Untuk lebih jelasnya tentang peta kecil ini, akan dijelaskan pada bagian bawah section ini tentang 'map'.

Sekarang coba klik pada sembarang tempat dan gerakkan karakter kalian. Kalian bisa bergerak secara diagonal, vertikal horizontal dan arah - arah lainnya. Gunakan sedikit waktu untuk mempelajari menggerakkan karakter dengan mudah. Jika kalian ingin karakter kalian bergerak cukup jauh dalam satu garis lurus, klik dan tahan tombol mouse sebelah kiri agar kalian tidak perlu menekan mouse setiap dua detik.




Pergilah ke bangunan di sebelah Timur (kanan). Kalian akan melihat satu orang berdiri di dalamnya. Kalau kalian mengarahkan kursor ke orang itu, kursor mouse akan berubah menjadi bubble speech cursor. Hal ini menandakan bahwa orang ini dapat di-klik dan akan keluar beberapa dialog. Kalian dapat memilih beberapa pilihan yang tersedia. Jika kalian pertama kalinya bermain Ragnarok Online, sebaiknya kalian mengikuti tutorial yang tersedia. Tutorial ini cukup membosankan, namun sangat menghemat waktu untuk bertanya - tanya saat kalian sudah mulai masuk ke dalam game.




Kursor berbentuk pedang akan keluar saat kalian mengarahkan kursor ke musuh, yang menandakan bahwa mahkluk ini dapat diserang. Setelah mengalahkan monster, monster mungkin akan menjatuhkan item tertentu. Jika kalian mengarahkan kursor ke atas item tersebut, kalian dapat meng-klik item tersebut untuk mengambilnya dan memasukkan ke dalam inventory karakter.


 Camera



Jika karakter kalian terhalang oleh gambar pemandangan (seperti pohon atau batu), sudut kamera dapat diubah secara mudah dengan dengan klik dan menahan tombol mouse sebelah kanan. Gerakkan mouse untuk memutar sudut kamera. Untuk mengubah sudut pandang dari 'bird-view' menjadi 'spectator-view', tahan tombol mouse kanan dan [Shift] pada Keyboard, ketinggian kamera akan berubah sesuai dengan yang diinginkan. Untuk melihat gambar karakter secara detil, gunakan scroll wheel pada mouse untuk zoom in dan zoom out. Bagi yang tidak memiliki scroll wheel pada mousenya, kalian bisa menggunakan tombol mouse kanan dan [Ctrl].

Untuk kembali pada posisi awal kamera, klik tombol mouse kanan dua kali. Untuk kembali pada posisi zoom awal, tahan [Ctrl] dan klik tombol mouse kanan dua kali.


 Minimap

Kotak kecil pada bagian kanan atas layar merupakan Minimap yang berfungsi menampilkan seluruh area dan menunjukkan dimana karakter kalian berada. Kalian dapat mengubah peta On-Opaque-Off dengan [Ctrl] + [Tab]. Sebagai seorang Novice, sebaiknya peta ini selalu ditampilkan. Namun tampaknya tidak ada alasan kenapa peta ini tidak harus ditampilkan. Jika kalian merasa terganggu dengan minimap ini, kalian dapat menutupnya dengan mudah.




Tanda '+' dan '-' pada map adalah tombol untuk zoom in atau zoom out. Pada kondisi biasa, map di-zoom out agar kalian bisa melihat keseluruhan area yang ada. Bila ingin melihat suatu area dengan lebih jelas, klik tombol '+'.

Jika karakter kalian ber-grup dengan beberapa player lain, keberadaan player lain dalam satu grup dapat terlihat pada map berupa titik kecil dengan warna yang berbeda - beda. Warna titik sama dengan warna nama anggota grup pada group box (Untuk menyalakannya tekan [Ctrl] + [Z]).

Titik merah pada bagian pinggir peta adalah portal untuk pindah ke peta berikutnya. Untuk pindah ke peta berikutnya, masuk saja ke portal yang ada. Untuk melihat seluruh kota dan peta di Ragnarok Online, silahkan lihat bagian ‘world map’.


 Status Karakter

Bagian terpenting dari Ragnarok Online adalah ‘Main Window’. Pada Main Window kalian bisa melihat nama karakter, class, dan beberapa status seperti level, job level, dan jumlah zeny (uang) yang dimiliki karakter tersebut.




Main Window ini dapat di perkecil dengan tombol [Alt] + [V], tapi tidak dapat dihilangkan sepenuhnya. Di dalam Main Window terdapat beberapa tombol. Tombol yang ada pada Main Window digunakan untuk membuka Window lain, dengan shortcutnya sendiri - sendiri. Sebaiknya kalian mengingat setiap shortcut yang ada agar kalian tidak perlu membuka Main Window setiap kali ingin membuka Window yang lain.




Kondisi karakter kalian ditunjukkan dengan HP/SP Bar. Jika HP bar hanya 25% dari HP maksimum, HP bar akan berubah menjadi berwarna merah. Dan jika mencapai 0%, karakter kalian dianggap mati. SP diperlukan untuk melakukan beberapa skill aktif tertentu. Setelah skill digunakan, jumlah SP akan berkurang dan butuh waktu untuk mengembalikan SP ke semula.

EXP bar menunjukkan jumlah experience yang kalian dapat. Setiap kali membunuh monster, karakter kalian mendapat sejumlah EXP dan JobEXP. Bila EXP bar mencapai 100%, karakter tersebut akan mendapat kenaikan level, dan EXP bar akan kembali menjadi 0%. Namun jika EXP yang didapat melebihi dari yang dibutuhkan untuk naik level, sisa EXP akan ditambahkan ke bar yang baru. Hal ini juga berlaku untuk JobEXP, dan karakter kalian akan mendapat satu extra skill point setiap kenaikan satu Job Level.




Ketika suatu karakter mendapat kenaikan level dan Job level, sebuah tombol berupa kotak biru akan muncul pada bagian pojok bawah layar. Kalian dapat membuka Status window atau Skill window dan menaikkan status karakter.


 Mengatur Status dan Skill Karakter

Saat level up, karakter kalian akan mendapat sejumlah Point untuk ditambahkan pada status yang ada, berupa: STR, AGI, VIT, INT, DEX, dan LUK. Keterangan mengenai setiap status dapat ditemukan pada bagian 'Character Status' dari website ini. Setiap kenaikan 5 level pada karakter, point yang didapat setiap level up berikutnya bertambah 1. Harap diperhatikan bahwa setiap 10 status yang dinaikkan, jumlah point yang diperlukan untuk menambah status tersebut kembali bertambah 1. Untuk menaikkan 81 STR menjadi 82 tidak semudah menaikkan 1 STR menjadi 2.



Pada kenyataannya, menaikkan status karakter tidak semudah yang dikira semua orang. Beberapa class akan membutuhkan status tertentu, sedangkan yang lainnya tidak. Sebagai contoh, seorang Mage SANGAT membutuhkan INT untuk melakukan magic karena kekuatan serangan magic dipengaruhi INT, sementara Thieves tidak akan mendapat apa - apa dengan menaikkan INT karena Thieves tidak dapat melakukan serangan magic. Thieves sebaiknya berkonsentrasi pada AGI, Swordsmen menaikkan status VIT, dan Archer berkonsentrasi pada DEX mereka.

Hal yang terpenting adalah, kalian tidak dapat menurunkan status yang sudah kalian naikkan menjadi lebih rendah (Point status yang terpakai tidak dapat dikembalikan). Oleh karena itu, kalian harus mempertimbangkan mana status yang diperlukan karakter kalian dan mana yang tidak. INT Thief merupakan ide yang sangat bodoh, sama halnya dengan STR Mage dan STR Archer, karena status ini tidak berguna sama sekali untuk class yang bersangkutan. Namun dalam beberapa hal, AGI Knight dan INT Archer cukup baik, karena Knight dapat menghindar lebih baik dengan AGI yang tinggi, dan Hunter dengan LUK dan INT yang tinggi akan mendapat extra damage dari falcon mereka.

Untuk mempelajari lebih jauh tentang suatu class, silahkan lihat bagian Profession. Pilih class yang kalian rasa cocok, dan pelajari status apa saja yang mereka butuhkan, agar pada akhirnya kalian tidak merasa menyesal.

Seperti halnya dengan base level, setiap kali mendapat kenaikan Job Level, karakter tersebut mendapat satu skill point. Pada Skill Window, klik 'Lv Up' pada bagian kanan skill yang ingin dinaikkan. Untuk memakai skill aktif secara mudah dan cepat, pindahkan icon skill yang ada ke quickbar (buka dengan tombol [F12]) dan menekan tombol shortcut setiap saat skill tersebut ingin digunakan. Beberapa skill memungkinkan karakter bersangkutan untuk melakukan skill yang sama, namun dengan level Skill yang lebih rendah dari maksimum Skillnya. Hal ini berlaku pada skill yang mengkonsumsi SP dalam jumlah berbeda tergantung pada tingkat Skill yang dipakai.


 Mengatur Peralatan

Peralatan adalah satu - satunya cara untuk menjadi karakter yang lebih kuat di RO. Walaupun karakter kalian sudah mencapai level 99, pergi ke dungeon tanpa satupun perlengkapan adalah hal yang sangat bodoh. Karakter kalian membutuhkan armor, perisai, sepatu, dan topi, untuk menambah defense, senjata untuk memperkuat serangan, dan beberapa aksesoris untuk meningkatkan status karakter. Equipment window dapat dinyalakan dengan menekan tombol [Alt] + [Q]. Pada Equipment window, ada gambar karakter kalian, dan semua peralatan yang dipakainya. Peralatan yang tidak dipakai akan disimpan di inventory.



Ada 10 slot kosong pada badan setiap karakter untuk menaruh semua peralatan. Tiga slot yang pertama adalah KEPALA, yang akan mempengaruhi penampilan kepala karakter kalian. Beberapa topi dapat digunakan secara bersamaan, selama mereka menempati slot yang berbeda. Sebagai contoh, kalian dapat menaruh Ribbon pada kepala bagian atas, dan flu mask pada kepala bagian tengah. Contoh lainnya adalah Helm pada bagian atas, Fin Helm bagian tengah, dan Iron Cain pada kepala bagian bawah. Contoh ini hanya dapat digunakan oleh Knight di atas level 65.



Berikutnya adalah ARMOR. Ada banyak tipe armor, dan beberapa armor hanya dapat digunakan oleh class tertentu. Sebagai contoh, seorang Assassin tidak bisa memakai Full Plate armor walaupun karakter tersebut memiliki 10.000.000 zeny. Armor menambah jumlah defense karakter, dan dihitung dalam persen. Armor yang di drop oleh monster - monster tertentu memiliki 1 slot (Armor yang dibeli di toko tidak memiliki slot). Armor ini sangat berharga apabila kalian ingin memasukkan Card ke dalam Armor tersebut.

2 slot berikutnya adalah SENJATA dan PERISAI. Senjata ditaruh pada tangan kanan, dan perisai di tangan kiri. Beberapa senjata memerlukan 2 tangan untuk memegangnya, sehingga kalian tidak dapat memakai perisai saat menggunakan senjata ini. Penggunaan senjata dan perisai akan mempengaruhi penampilan karakter. Senjata yang dipakai akan tampak saat menyerang monster, namun tidak ada perbedaan yang mencolok dalam satu jenis senjata yang sama. Saat kalian memegang Masamune, tidak akan ada perbedaan warna pedang ataupun lainnya dengan saat kalian memegang Katana, karena kedua senjata ini bertipe pedang. Namun saat memakai kapak, karakter kalian akan terlihat memegang kapak saat bertempur. Hal yang sama juga berlaku terhadap perisai. Saat sedang tidak bertarung, senjata dan perisai tidak akan ditampilkan pada karakter.

Slot berikutnya adalah MANTEL. Mantel tidak akan mengubah penampilan karakter. Knight akan selalu terlihat seperti memakai mantel walaupun sebenarnya sedang tidak memakai apa - apa. Satu - satunya fungsi mantel adalah untuk meningkatkan defense karakter dan sebagai tempat untuk menaruh Card.

Slot berikutnya adalah SEPATU. Hanya ada beberapa pilihan untuk sepatu. Seperti halnya mantel, sepatu yang dikenakan tidak akan mempengaruhi penampilan karakter. Fungsinya hanya untuk menambah defense yang ada.



2 slot terakhir adalah AKSESORIS. Seperti halnya mantel dan footgear, aksesoris tidak mempengaruhi penampilan karakter. Aksesoris yang bagus akan sulit untuk dicari dan didapat, karena sebagian besar dari aksesoris tersebut dijual sangat mahal. Sebagai contoh, Clip dijual paling murah 150.000 zeny. Bukan jumlah uang yang kecil bagi kebanyakan orang ^^;



 Mengatur item yang ada

Dalam game RO, kalian akan menemukan berbagai macam item, baik yang dijatuhkan oleh monster ataupun dibeli dari toko. Item yang ada dibagi menjadi 3 kategori besar: Use, Equip, dan dll. Untuk menyalakan window item, tekan [Alt] + [E] .



Item golongan pertama adalah Brg (Barang). Seperti namanya, item - item ini dapat digunakan secara langsung. Untuk menggunakannya, klik 2 kali pada window item. Jika kalian ingin menggunakannya secara cepat, item ini dapat dimasukkan ke dalam shortcut bar (F12). Untuk menggunakan item tersebut, cukup dengan menekan tombol (F1-F9). Sebagian besar item pada kategori ini berfungsi untuk menambah HP/SP karakter, menyembuhkan status, memindahkan tempat karakter berada (Fly Wing/Butterfly Wing), bahkan sampai mengeluarkan monster secara random (Dead Branch).



Berikutnya adalah Equip (Equipment). Item pada kategori ini termasuk armor, weapons, shield, shoes, headgears, dan accessories. Item ini dapat dimasukkan ke shortcut apabila kalian ingin mengubah perlengkapan saat sedang bertempur.



Kategori terakhir adalah Dll (Lain-lain). Item - item pada kategori ini tidak dapat digunakan secara langsung, hanya dapat dijual atau digunakan untuk membuat item lain atau menempa senjata. Untuk melihat keseluruhan item yang ada, silahkan melihat pada bagian ‘item list’.

Jumlah item yang dapat dibawa seorang karakter tergantung pada jumlah berat yang dapat dibawanya. Kalian dapat melihat jumlah berat maksimum pada main window. Jika kalian melampaui 50% dari berat maksimum, HP dan SP kalian tidak dapat beregenerasi (Skill Fast HP/SP Regeneration tidak akan bekerja juga). Jika melampaui 90% berat maksimum, karakter tersebut tidak dapat menyerang ataupun menggunakan Skill. Satu icon berwarna merah akan muncul di bawah minimap saat berat karakter mencapai 50% atau 90%.


 Leveling Up

Agar menjadi lebih kuat, karakter kalian harus berburu monster sampai mendapat kenaikan level sebelum dapat menaikkan status tertentu. Para pemula akan mendapat kesulitan yang besar saat ingin menaikkan level karena tidak tahu tempat yang cocok untuk berburu monster yang setara dengan mereka. Setiap class memiliki tempat untuk berburu yang berbeda - beda. Sebagai contoh, Archer dan Mage tidak bisa berburu pada tempat yang mempunyai banyak musuh agresif, tidak seperti Swordsman dan Thief. Acolyte biasanya berburu dalam grup dan bertindak sebagai penyembuh (suppotive), dan Merchant lebih banyak bergantung pada potion yang dimiliki.

Archer, Thief, dan Mage dapat melawan musuh yang jauh lebih kuat dibandingkan dengan Swordsman dan Merchant pada level yang sama. Acolyte lebih sering bertindak sebagai karakter pembantu untuk menyembuhkan orang sehingga sering terlihat berburu dalam grup dengan 5 class sebelumnya. Umumnya Acolyte memiliki skill untuk melawan monster undead, sehingga kalian akan sering melihat mereka di Payon dungeon. Mage dapat dengan mudah ditemukan pada Morroc field, Archer dapat dengan mudah ditemukan di Gunung Mjolnir. Swordsman dan Thief dapat ditemukan hampir di semua tempat. Untuk melihat tempat hunt yang cocok bagi class tertentu, silahkan lihat bagian ‘profession’.

Monster


Monster yang ada dibagi menjadi 2 kategori besar, Boss/Subboss, dan monster biasa. BOSS biasanya mempunyai HP, VIT, AGI, dan STR dalam jumlah besar sehingga dapat membunuh player dalam satu pukulan saja. SUB BOSS umumnya lebih lemah dari monster Boss, namun lebih kuat dari monster biasa. Boss dan Subboss memiliki 5-10 PENGAWAL yang mengikuti mereka. Bahkan ada Boss yang memiliki Subboss sebagai pengawalnya, (Contoh: Stormy Knight), sedangkan subboss umumnya memiliki pengawal yang lebih lemah. Hal lain yang membedakan Boss/Subboss dengan monster biasa adalah waktu keluar mereka. Boss dan Subboss keluar dalam jangka waktu tertentu setelah mereka dibunuh. Waktu yang dibutuhkan untuk keluar lagi berkisar antara 20 menit sampai 3 jam. Boss juga memiliki sistem MVP (Most Valuable Player) dan mereka menjatuhkan beberapa item berharga saat mati.

Monster NORMAL tidak memiliki pengawal dan keluar tidak lama setelah mereka terbunuh. Musuh biasa tidak selamanya lemah, beberapa bahkan lebih kuat dari semua sub boss yang ada. Seorang Knight level 60 dapat membunuh semua pengawal Vocal dalam waktu 1 detik dan Vocalnya sendiri dalam waktu kurang dari 10 detik. Namun Knight level 60 ini tidak dapat bertahan lama melawan Abysmal Knight, Khalitzburg, atau Mystelltain.

Musuh biasa dikategorikan menjadi tiga menurut ukuran badannya: Kecil, Sedang, dan Besar. Kategori ini mempengaruhi efektifitas senjata yang digunakan dalam melawan musuh dengan ukuran tertentu. Musuh yang besar tidak selamanya lebih kuat dari musuh yang berukuran kecil. Untuk melihat jenis senjata yang cocok digunakan untuk melawan monster dengan ukuran tertentu, silahkan lihat bagian 'Weapon Penalty'. Untuk melihat monster yang ada pada dunia Ragnarok, lihat bagian 'Monster List'.

Senjata


Pemahaman pemakaian senjata sangat penting saat melawan musuh tertentu. Tidak ada perbedaan yang berarti saat kalian melawan Poring menggunakan Stiletto atau Bastard Sword, karena poring langsung mati pada ayunan pertama senjata. Namun saat melawan Anolian, sebaiknya kalian menggunakan Bastard Sword daripada Stiletto +10.

Elemental
Bertarung tidak selamanya mengandalkan kekuatan fisik ATK. Claymore adalah senjata yang sangat kuat, semua orang mengakuinya. Namun senjata ini tidak dapat melukai Ghostring sama sekali karena Ghostring tidak mempan pada serangan fisik biasa. Elemen beberapa monster dapat membuat mereka lebih kuat saat melawan elemen tertentu. Namun di sisi lain, mereka juga memiliki kelemahan saat melawan elemen yang bertolak belakang. Hal ini juga berlaku bagi Mage. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada bagian 'Elemental Chart'.

Skill
Pemilihan skill pada karakter sangatlah penting. Karena suatu karakter hanya dapat memiliki maksimum 49 skill point, sementara dibutuhkan sekitar 100 skill point untuk mempelajari semua skill yang ada, kalian tidak dapat mempelajari semua skill yang ada. Akan lebih baik bila kita mempelajari skill tertentu sampai maksimum daripada memiliki semua skill yang disediakan, tapi hanya terpaku pada level rendah. Lihat bagian profession untuk melihat skill mana yang terbaik dan mana yang tidak.

Apa yang terjadi bila karakter mati?




Sangat mudah. Karakter kalian tidak dapat bergerak, menyerang, melakukan skill, ataupun menggunakan item (kecuali bila ada pemain lain yang menghidupkan karakter tersebut). Kalian hanya dapat kembali ke tempat save terakhir. EXP point dan Job EXP point dikurangi sebanyak 1% dari maksimum total yang dibutuhkan untuk naik level. Pada Ragnarok Online Full Version, ada kemungkinan kalian menjatuhkan item tertentu, ataupun senjata (saat di dungeon). Untungnya, fitur ini belum ada di Beta Version, sehingga kita dapat bermain dengan tenang.


 NPC



NPC merupakan singkatan dari Non Playable Character, seperti sebuah boneka dengan fungsi yang terbatas. Kalian akan bertemu dengan beberapa NPC dalam game RO, tapi Kafra adalah NPC yang paling umum akan kalian jumpai. NPC yang lain menjual dan membeli item, dan melakukan beberapa tugas yang dibutuhkan untuk berganti profesi, atau bahkan berfungsi dalam membuat suatu item.

Untuk berbicara dengan NPC, arahkan kursor mouse ke NPC dan klik. Sebuah kotak dialog akan keluar. Beberapa NPC mengharuskan kita untuk memilih beberapa pilihan yang tersedia.

Pembelian dan Penjualan




Membeli item dari NPC sangat mudah, cukup dengan menaruh item yang diinginkan pada list pembelian. Total jumlah uang yang harus dibayar juga tersedia. Klik OK untuk membeli, atau Batal untuk membatalkan transaksi. Hal yang sama juga diterapkan saat menjual barang ke NPC. Harap diperhatikan bahwa kalian tidak dapat menjual apapun ke Kafra.

Kafra


Kafra Corp. adalah perusahaan yang akan membantu kalian sepanjang game RO. Kafra menyediakan 2 pelayanan dasar: storage dan teleport. Pelayanan ini mengharuskan kalian untuk mengeluarkan beberapa zeny. Namun dengan menggunakan jasa Kafra, kalian akan mendapat Kafra Points untuk ditukar dengan beberapa item di kota Al De Baran (Pusat Kafra Corp.).




Storage adalah salah satu pelayanan Kafra yang dibutuhkan sepanjang permainan. Biaya yang dibutuhkan untuk mengakses storage berkisar antara 30z - 100z, tanpa tergantung pada item yang disimpan.




Teleport yang disediakan cukup mahal, tergantung dari asal teleport dan tujuannya. Biaya yang dikenakan bervariasi dari 1300z sampai 2200z untuk setiap teleport. Beberapa pemain lebih memilih untuk berjalan kaki daripada mengeluarkan uang dalam jumlah yang banyak (khususnya pemain pemula), atau lebih memilih untuk meminta bantuan teleport dari acolyte/priest.

Kafra dapat ditemukan pada setiap kota. Beberapa Kafra dapat ditemukan di luar kota seperti di Desa Archer, Desa Orc, Pyramid, Pulau Baylan, Culvert Sewer dan Pulau Sunken Ship. Setiap Kafra memakai kostum yang sama, sehingga mudah untuk ditemukan.


 Berinteraksi dengan pemain lain

Seperti halnya saat berbicara dengan orang lain di kehidupan nyata, hal yang terpenting adalah KALIAN HARUS MENGHORMATI SETIAP PEMAIN DI RAGNAROK ONLINE. Etika dalam kehidupan nyata dan etika berinternet juga berlaku disini. Menulis dalam huruf besar berarti berteriak, dan tidak ada seorang pun yang suka dibentak oleh orang lain. Untuk lebih detilnya, dapat dilihat pada bagian 'Game Conducts'.

Berbicara




Untuk berbicara dengan orang lain, ketik kata - kata yang ingin diucapkan pada chat box dan tekan ENTER. Jika ingin berbicara di hadapan umum UMUM, teks yang diketik akan berwarna Hitam pada chat box, Hijau pada chat box setelah ditekan ENTER, dan Putih saat tulisan keluar di atas kepala karakter.

Jika kalian berbicara dengan GRUP, teks yang diketik berwarna Coklat pada chat box, Emas saat kalian menekan ENTER, dan Coklat di atas kepala karakter.

Jika kalian berbicara dengan GUILD, teks yang diketik berwarna Hitam pada chat box, Hijau Tua pada Chat Box saat ENTER ditekan. Tidak ada tulisan apa - apa yang keluar di kepala karakter.

Untuk mengubah setting yang ada, klik tombol sebelah kiri pada sisi kanan chat box.

Menampilkan Emoticons




Kalian dapat menampilkan beberapa icons yang melambangkan perasaan karakter (emoticons) di atas kepala karakter dengan menekan [Alt] + [1] sampai [Alt] + [0] (pada keyboard). Untuk melihat emoticons yang tersedia, lihat bagian 'Emoticons'.

Membuat Chat Room (Basic Skill minimum lv 4)




Kalian dapat membuat chat room dimana saja. Tekan [Alt] + [C], ketik judul chatroom dan batasi jumlah orang dari 2 sampai 20 pemain. Chatroom umumnya digunakan untuk menjual sesuatu atau memberikan informasi kepada publik. Chatroom dapat digunakan sebagai tempat pertemuan orang - orang tertentu dengan membuat private room. Hanya pemain yang memiliki password yang dapat memasuki private room ini.

Jika kalian ingin mengeluarkan seseorang dari chat room, klik kanan pada namanya dan pilih 'Dikeluarkan dari ruangan'. Hati - hati dalam melakukan hal ini karena mengeluarkan seseorang dari chat room merupakan tindakan yang sangat kasar. Jalan lainnya adalah dengan meminta mereka sendiri keluar dari ruangan tersebut secara sopan.

Membuka Store/Toko (Merchant/Blacksmith)




Sebagai merchant, kalian dapat membuka toko dimana saja (tentu saja karakter tersebut harus sudah memiliki skill vending). Harga barang - barang di dalam toko juga dapat kalian atur sesuka hati. Harap diperhatikan untuk tidak menipu orang yang tidak mengerti tentang harga pasar. Bagi pemain yang sering menggunakan jasa Merchant untuk Discount dan Overcharge, cek harga pasar setiap item sebelum membeli. Dalam website ini terdapat data - data tentang harga pasar setiap item yang ada, termasuk harga jual dan beli dari NPC. Satu hal yang perlu diingat, semakin sedikit orang yang tertipu, semakin sedikit pemain yang berniat untuk menipu.

Transaksi



Dalam Ragnarok Online, setiap pemain dapat menukar barang dan zeny dengan pemain lain. Untuk melakukan transaksi, klik kanan pada karakter yang ingin ditransaksi. Sebuah pesan singkat muncul pada layar pemain tersebut, yang menyatakan bahwa kalian ingin bertransaksi dengannya. Jika mereka setuju, jendela transaksi akan muncul. Taruh item dari inventory ke jendela transaksi, dan/atau ketik jumlah zeny yang ingin diberikan. Jika merasa sudah beres, klik OK, dan jendela transaksi bagian kalian akan berubah menjadi gelap (umumnya disebut 'locking'). Pada kondisi ini, item atau jumlah zeny yang sudah tertera tidak dapat dirubah. Hal yang sama juga berlaku untuk pemain lainnya yang bertransaksi. Jika pemain lain sudah meng-klik tombol OK, jendela transaksinya akan berubah menjadi gelap. Bila kedua belah pihak sudah setuju, maka tombol 'Tukar' akan muncul. Untuk konfirmasi transaksi, kedua belah pihak harus menekan tombol 'Tukar'. Bila karena suatu sebab salah satu pemain tidak setuju dengan transaksi ini, transaksi ini dapat dibatalkan dengan tombol 'Cancel'.

Cara ini dilakukan untuk mencegah penipuan dalam transaksi barang antar pemain. Harap diingat bahwa tidak semua pemain di RO jujur. Sebagian besar dari orang yang kalian temui adalah orang jujur, namun ada juga manusia ingin mendapat keuntungan cepat dengan menipu orang lain. Sayangnya, kebiasaan ini juga berlaku dalam dunia game online... Untuk melindungi diri dari penipuan, pastikan bahwa item yang diberikan pada kalian merupakan item yang kalian inginkan. Jika merasa ragu - ragu, klik kanan pada item di jendela transaksi, dan cek apakah benda itu yang kalian inginkan. Untuk mempelajari lebih jauh tentang cara melindungi diri dari penipuan, lihat bagian lain dari site ini.

Membuat/Bergabung dengan Grup




Manusia tidak dapat hidup sendiri. Hal ini juga berlaku dalam Ragnarok Online. Tentu saja karakter kalian dapat berburu monster dan item tanpa bantuan siapa - siapa dari level 1 - 99. Namun, apa bedanya bermain Ragnarok Online dengan cara ini dan bermain RPG pada umumnya? Faktor terpenting dalam Ragnarok Online adalah KOMUNITASNYA.

Salah satu cara untuk berhubungan antar pemain dalam Ragnarok adalah dengan membuat suatu grup dan bertempur bersama. Kalian dapat membuat grup sendiri dan mengundang pemain lain untuk bergabung dengan grup ini. Untuk membuat suatu grup, ketik "/organize NAMAGRUP" pada Chat Box. Untuk meminta pemain lain bergabung dalam grup ini, klik kanan pada karakter yang diinginkan, dan pilih 'Meminta #KARAKTER untuk bergabung dalam grup'. Pastikan mereka belum bergabung dengan grup lain. Untuk meninggalkan grup, ketik '/leave' pada Chat Box, dan jika kalian si pembuat grup, kepemilikan grup akan diberikan pada karakter berikutnya dalam list grup.

Apa gunanya dalam membuat suatu grup? Kalian dapat membagi jumlah EXP yang didapat saat membunuh monster sama rata (dengan mengubah setting grup), sehingga karakter support seperti Acolyte dan Merchant juga bisa mendapat EXP. Selain itu, HP bar setiap anggota grup akan terlihat oleh semua anggota grup. Hal ini sangat penting untuk Acolyte agar mereka tahu saat yang tepat untuk melakukan heal. Beberapa skill HANYA berpengaruh terhadap grup (dan member guild), seperti Adrenaline Rush dari Blacksmith dan beberapa Skill yang dimiliki Priest. Keberadaan grup dalam 1 peta juga dapat diketahui dari titik - titik berwarna sesuai dengan warna nama mereka dalam window grup.

Pembagian EXP dalam satu grup terbagi menjadi 2 jenis, 'Masing-masing' dan 'Sama Rata'. Sistem pembagian 'Masing-masing' membagi EXP seperti saat sedang tidak ada grup. EXP yang didapat tergantung dari jumlah damage yang pemain berikan ke monster. Sistem pembagian 'Sama Rata' membagi EXP dan Job EXP setara dengan level pemain dan jumlah pemain dalam grup (Semakin tinggi level, semakin tinggi EXP yang didapat).

Membuat/Bergabung dengan Guild




Guild seperti halnya suatu organisasi pribadi. Untuk keterangan lebih lanjut, dapat dilihat pada bagian 'pengaturan guild'.


 Keluar dari Ragnarok Online



Jika kalian merasa sudah puas bermain RO, tekan [Alt] + [X] (atau [Esc]) dan pilih 'Keluar ke Windows'. Gambar karakter kalian akan hilang dari Ragnarok, dan posisi terakhirnya akan disimpan. Sebagai nasihat, jangan log out pada saat karakter kalian berada di tempat yang berbahaya, kecuali jika karakter tersebut cukup kuat untuk melawan beberapa musuh sekaligus (mob) atau memiliki Fly Wing dalam jumlah cukup. Kadangkala, daerah berbahaya memiliki sejumlah musuh yang aktif, yang akan menyerang karakter kalian saat kalian mendekati monster tersebut. Contoh yang paling cocok adalah Dungeon Geffen. Terkadang jumlah Poison Spore yang ada terlalu banyak untuk dilawan, dan pilihan yang terbaik adalah dengan menggunakan Fly Wing (atau Butterfly Wing). Namun tidak selamanya kedua item tersebut berguna, khususnya saat koneksi internet kalian mengalami LAG selama beberapa detik sesaat setelah login ('beberapa detik' adalah waktu yang cukup bagi 14 Poison Spore untuk membuat karakter kalian kembali ke Kafra tercinta ^^;;).



Tidak usah kuatir dalam bermain Ragnarok Online. Kalian akan selalu bisa logout :), tidak akan ada kasus seperti Tsukasa di anime .hack//SIGN :)




Jika dalam suatu hal koneksi internet kalian terputus (sebelum menekan tombol Quit), jangan khawatir karena setiap kali karakter kalian berpindah tempat, saat itulah posisi karakter kalian disimpan oleh server. Dengan cara ini, kalian tidak akan kehilangan item - item berharga ataupun EXP yang didapat dengan susah payah. (Well, kecuali untuk pengurangan 1% waktu kalian mati ^^)

Sumber : www.ragnafilia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar